Antisipasi Penurunan Ekonomi Global, Perkuat Pasar Domestik

Antisipasi Penurunan Ekonomi Global, Perkuat Pasar Domestik

enda2013.org – Asosiasi Pengusaha Indonesia ataupun biasa yang disebut dengan APINDO ikut serta dalam mencegah terjadinya penurunan ekonomi global saat ini yang akan terjadi. Untuk proyeksi pertumbuhan ekonomi saat ini di dunia menurut International Monetary Fund atau IMF menjadi 3,3%. Jika dilihat menurut pandangan apindo, kejadian seperti ini memang menjadi kejadian yang wajar dialami. Karena tingkat risiko ekonomi global untuk saat ini memang tidak pastian. Jadi untuk ekonomi domestik harus segera diperkuat dengan membentuk beberapa program terbaru.

Memang jika kita melihat untuk pertumbuhan ekonomi global untuk saat ini mengalami penurunan. Akan tetapi Ketika kita melihat pada kondisi fundamental di ekonomi domestik ataupun Indonesia kini masih sangat kuat. Dengan begitu, dampak yang ditimbulkan dengan penurunan ekonomi global tersebut tidak akan berpengaruh ke negara ini.

Yang pasti kita harus tetap waspada mengenai kelenjar akan ataupun penurunan ekonomi global tersebut yang sewaktu-waktu bisa naik dan bisa turun. Pemerintah Indonesia juga memberikan komentar jika harus mempersiapkan diri mengenai penurunan ekonomi global tersebut. Yang jelas dengan adanya berita seperti ini, pemerintah akan lebih memperkuat kondisi perekonomian domestik.

Dengan fokus meningkatkan pasar dalam negeri, sepertinya tidak ada efek dari penurunan ekonomi global tidak akan berimbas pada ekonomi dalam negeri. Ada beberapa tanggapan yang mengatakan jika memperkuat pasar dalam negeri ini akan memberikan keuntungan sendiri bagi Indonesia. Karena dengan memanfaatkan ataupun memaksimalkan pasaran dalam negeri pastinya untuk luar negeri juga akan membutuhkannya. Karena banyak sekali hasil produksi dalam negeri yang tidak ada ataupun tidak dimiliki oleh negara-negara lain.

Dengan begitu, jika bisa meningkatkan kondisi pasar dalam negeri pastinya akan memberikan keuntungan sendiri. Dan bahkan keuntungan tersebut sangatlah besar jika dimaksimalkan. Selain itu, untuk Indonesia sendiri juga bisa lepas dari turun naiknya pasar global saat ini. Yang terpenting, indonesia harus bisa memiliki program agar bisa menggenjot pasaran dan juga mengembangkan hasil produksi saat ini.

Sehingga Indonesia akan menciptakan pasar sendiri, dan secara otomatis negara-negara selain akan membutuhkan produksi dalam negeri ini. Ini yang nantinya menjadi misi paling utama untuk perekonomian Indonesia. Yang jelas misi yang paling utama dalam mengeluarkan terlebih dahulu daripada yang ekonomi global yang saat ini tidak pasti tersebut. Karena hal tersebut akan menjadi ancaman bagi para pengusaha untuk tidak bisa berkreasi semaksimal. Karena terlalu takut dengan ketidakpastian pasar global yang naik-turun.

Yang paling utama adalah konsumsinya yang harus di genjot. Jika konsumsi kita kencot semaksimal mungkin, pasti pertumbuhan tersebut akan meningkat drastis. Untuk mendapatkan hasil seperti itu, kita masyarakat Indonesia juga harus membuat program ataupun kegiatan ekonomi yang lebih banyak. Ujar  Panel Ahli Katadata Insight Center, Wahyu Prasetyawan

Author: admin