Memilih Program Fitness yang Cocok untuk Pemula

program fitness

Fitness banyak dipilih sebagai salah satu cara untuk menjaga kesehatan juga kebugaran seseorang. Bukan hanya itu, beberapa orang menggunakan fitness sebagai jalan untuk membentuk bentuk tubuh ideal yang diinginkan.

Untuk bisa mencapai tujuan itu, seseorang harus memilih program yang paling tepat dengan tujuan dan kondisi tubuhnya. Terlebih lagi untuk pemula.

Seorang pemula sangat tidak disarankan untuk langsung melakukan program yang berat. Karena program dalam fitness sifatnya bertahap agar bisa memberikan tubuh ruang untuk mempersiapkan tahan selanjutnya.

 

Memilih program fitness yang cocok untuk pemula

Karena banyaknya program fitness yang ada membuat Kita harus memilihnya dengan benar sesuai dengan kemampuan dan kondisi tubuh.

Jika masih merasa tidak yakin dengan pilihan program yang dipilih, Anda bisa melakukan konsultasi pada trainer yang lebih berpengalaman.

Lalu apa saja program fitness yang paling cocok untuk pemula? Cek daftarnya di bawah ini.

  1. Cardio

Kardio menjadi salah satu program yang paling banyak dipilih oleh seorang pemula karena cara melakukannya tergolong mudah dan memiliki beberapa variasi.

Anda bisa memilih kardio yang disukai, misalkan saja lari dan renang/ elyptical. Olah raga ini sangat baik untuk membentuk paha bagian atas, pantat, dan juga perut bagian bawah.

Dalam kardio ini Anda juga disarankan untuk melakukannya secara bertahap. Misal saja pada awalnya menyediakan durasi 20 menit, kemudian meningkat menjadi 25 menit lalu 30 menit.

  1. Latihan Beban

Sama seperti sebelumnya, latihan beban ini dilakukan secara bertahap. Anda bisa melakukannya dengan repetisi tinggi namun menggunakan beban yang paling ringan. Jika merasa beban yang diangkat sudah terlalu ringan, Anda bisa menambahnya. Begitu seterusnya.

  1. Tentukan Target

Sebelum memulainya, Anda harus menentukan target yang ingin diraih terlebih dahulu. Target tersebut haruslah realistis dan juga disesuaikan dengan kemampuan. Jangan sampai Anda menyiksa diri sendiri hanya untuk mendapatkan goal yang telah ditentukan.

Dengan adanya target tersebut, latihan yang dilakukan bisa lebih disiplin dan teratur.

  1. Berfokus Pada Bagian Tubuh yang Memiliki Otot

Ketika program yang dipilih memilih fokus pada otot, Anda akan lebih banyak membakar lemak dan kalori yang ada pada tubuh.

Misalnya saja lebih memfokuskan latihan pada bagian bahu, punggung, dada, dan paha. Memilih 4 fokus tersebut beralasan karena otot besar membutuhkan waktu yang lebih lama untuk bisa terbentuk dengan baik. Karenanya harus dilatih secara konstan juga dalam jangka waktu yang cukup.

  1. Dilakukan Secara Sistematis

Hanya melakukan repetisi yang sama dengan beban yang sama setiap kali latihan tidak akan memberikan hasil yang maksimal dan memuaskan. Karenanya, latihan tersebut harus dilakukan secara sistematis agar tubuh terus meningkatkan kemampuannya.

  1. Lakukan Variasi

Untuk menghindari rasa bosan yang mungkin muncul, Anda sangat disarankan untuk melakukan variasi dalam latihan. Hal ini juga bisa membuat Anda terus termotivasi untuk melakukan yang terbaik dan lebih setiap saatnya.

Oleh karena itu, program dan juga goal yang Anda pilih bisa diganti setiap sebulan sekali atau setiap kali goal berhasil diraih.

  1. Perhatikan Nutrisi yang Masuk ke Dalam Tubuh

Memilih untuk tidak makan merupakan kesalahan besar yang banyak dilakukan oleh orang-orang.

Sebelum, saat, ataupun sesudah melakukan latihan, tubuh tetap membutuhkan nutrisi untuk memenuhi kebutuhannya di dalam tubuh.

Pilihlah makanan yang bergizi seimbang sehingga kebutuhan nutrisi dalam tubuh dapat terpenuhi. Juga konsumsi lebih banyak protein agar bisa mengganti sel-sel yang rusak saat latihan berlangsung.

Anda juga perlu mengimbanginya dengan istirahat yang cukup untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit dan bugar pada latihan selanjutnya. Jangan lupa untuk secara rutin meningkatkan repetisi pada setiap program latihan yang dipilih.

Author: admin